Klasifikasi dan Jenis Virus Komputer

Klasifikasi dan Jenis Virus Komputer

Karena begitu banyak dan beragamnya virus komputer saat ini, kita dapat mengklasifikasikannya dengan berbagai kategori , diantaranya:

Berdasarkan teknik pembuatannya 

  • Virus Macro : Virus yang memanfaatkan fasilitas pemrograman modular pada suatu program aplikasi tertentu.
  • Virus Script/Batch : Virus script biasanya sering didapat dari Internet karena kelebihannya yang fleksibel dan bisa berjalan pada saat kita bermain internet, virus jenis ini biasanya menumpang pada file HTML. Dibuat dengan menggunakan fasilitas script.

 

Berdasarkan cara penyebarannya

  • Virus boot sector/partisi :
    Virus ini menyerang floppy disk atau haddisk pada sector 0 (boot sector). Sedangkan virus partisi hanya menyerang harddisk karena pada floppy disk idak terdapat partisi table. Virus boot sector sangat berbahaya karena apabila harddisk atau floppy dik terserang virus jenis ini akan berakibat tidak dapat digunakan nya floppy disk atau harddisk tersebut.
  • Virus file
    Virus file bersifat menumpang pada file lain. Virus ini dapat diibaratkan sebagai benalu pada pohon, yaitu virus ini akan berbahaya bila telah mencapai jumlah tertentu. Virus file pada awalnya sulit terdeteksi, namun kini telah ada antivirus yang dapat mendeteksi dan menghilangkan virus jenis ini.Virus hybrid
  • Virus hybrid sangt pandai menyamar, seakan-akan virus tersebut hanyalah file biasa. Anda dapat terkecoh oleh jenis virus ini. Oleh karena itu, berhati-hatilah anda bila menggunakan komputer.

 

Berdasarkan cara kerjanya

  • Worm: Menduplikatkan dirinya sendiri pada hardisk. Ini membuat sumber daya komputer (Harddisk) menjadi penuh akan worm itu.
  • Trojan: Mengambil data pada komputer yang telah terinfeksi dan mengirimkannya pada pembuat trojan itu sendiri.
  • Backdoor: Hampir sama dengan trojan. Namun, Backdoor bisanya menyerupai file yang baik-baik saja. Misalnya game.
  • Spyware: Virus yang memantau komputer yang terinfeksi.
  • Rogue: Program yang meniru program antivirus dan menampilkan aktivitas layaknya antivirus normal, dan memberikan peringatan-peringatan palsu tentang adanya virus. Tujuannya adalah agar pengguna membeli dan mengaktivasi program antivirus palsu itu dan mendatangkan uang bagi pembuat virus rogue tersebut. Juga rogue dapat membuka celah keamanan dalam komputer guna mendatangkan virus lain.
  • Rootkit virus: Virus yang bekerja menyerupai kerja sistem komputer yang biasa saja.
  • Polimorphic virus: Virus yang gemar beubah-ubah agar tidak dapat terdeteksi.
  • Metamorphic virus: Virus yang mengubah pengkodeannya sendiri agar lebih sulit dideteksi.
  • Virus Ponsel: Virus yang berjalan di telepon seluler, dan dapat menimbulkan berbagai macam efek, mulai dari merusak telepon seluler, mencuri data-data di dalam telepon seluler, sampai membuat panggilan-panggilan diam-diam dan menghabiskan pulsa pengguna telepon seluler.

 

Berdasarkan tingkat keganasannya

  • Virus jinak
  • Jenis virus jinak tidak membahayakan komputer, baik perangkat lunak maupun perangkat kerasnya.. jenis virus ini hanya bersifat mengganggu program komputer. Jadi, anda akan terganggu saat mengerjakan tugas-tugas dengan menggunakan komputer. Walaupun jinak, jenis virus ini sangat mengganggu pekerjaan anda. Misalnya anda akan mengerjakan tugas dengan komputer, komputer akan terheti sejenak dan mengeluarkan tulisan-tulisan yang aneh. Biasanya, tulisan-tulisan tersebut akan keluar dalam jangka waktu tertentu, misalnya satu jam atau setiap setengah jam
  • Virus ganas
    Sesuai dengan namanya lebih berbahaya dari tingkat di atas karena dapat merusak system operasi atau program dalam komputer. Jenis virus ini sulit terdeteksi karena biasanya menumpang pada file lain dengan extention tertentu. Misalnya ,menumpang pada file ber-extoention COM , dan EXE
  • Virus mematikan
    Virus jenis ini selainn dapat merusak system operasi atau program komputer, juga dapat merusak hardware-nya sendiri, terutama pada media penyimpanannya.

 

Berdasarkan tujuannya

  • Untuk popularitas
    Pesatnya perkembangan media informasi, banyak programmer yang ingin terkenal di seluruh Negara di dunia. Memang salah satu caranya untuk memperkenalkan diri, yaitu dengan membuat penyakit di bidang komputer.
  • Untuk tujuan proteksi
    virus komputer dapat pula dibuat uuntuk memproteksi data suatu instansi pemerintah atau swasta. Misalnya, data perusahaan yang sangat rahasia dan hanya dapat diketahui oleh beberapa orang saja. Data tersebut akan dikunci dengan password. Jika password tersebut salah dalam tiga kali pengisian pada kolom password, ia akan dianggap pemakai tidak sah dan menularkan virus atau menyerang pemakai tersebut serta akan merusak komputer pemakai.
  • Untuk tujuan sabotase.
    Selain tujuan diatas, virus juga dibuat untuk sabotase. Ini banyak terjadi di Negara-negara maju yang telah terintegrasi data Negara tersebut pada bank data. Adapun cara penyebarannya adalah dengan menyusup kan virus pada jaringan komputer.
  • Untuk tujuan komersial
    selain bertujuan unutuk merusak, virus juga dapat digunakan untuk tujuan komersial. Hal ini dapat dilihat dengan menjamurnya perusahaan pembuat antivirus. Atau dapat pula virus dibuat pertama kali dan bila virus tersebut telah menyebar luas, pada waktu tertentu pembuat virus tersebut akan menjual antiivirusnya kepada konsumen yang terkena virus hasil buatannya.

 

 

Daftar Pustaka:

http://tiarasharifa23.blogspot.com/2012/02/klasifikasi-virus-komputer.html

http://f-shadiqin.blogspot.com/2013/10/pengertian-jenis-virus-komputer-dan.html

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.