Sejarah Virus Komputer

Sejarah Virus Komputer

       Apa yang kalian bayangkan saat pertama kali mendengar kata virus??  pasti hal yang merusak bukan? Padahal virus tak hanya untuk hal hal yang negatif saja. untuk lebih mengenal apa itu virus mari kita bahas tentang sejarahnya.

Virus komputer sendiri merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus komputer bisa dianalogikan dengan virus biologis yang menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hidup. Virus komputer dapat merusak (misalnya dengan merusak data pada dokumen), membuat pengguna komputer merasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali.

       Awal mula nya pada tahun 1960 di laboratorium komputer raksasa di dunia (AT&T Bell Laboratory) beberapa ilmuwan komputer yang bekerja di laboratorium tersebut membuat sebuah permainan yang isinya membuat suatu program yang dibuat guna menyerang, memperbaiki dan memusnahkan.

Lalu pada tahun 1983, Frederick B. Cohen seorang ilmuwan komputer Amerika dan dikenal sebagai penemu teknik pertahanan virus komputer. Dia menulis sebuah program yang dapat menguasai sebuah sistem operasi komputer. Program tersebut merupakan salah satu virus komputer pertama.

Sekitar tahun 1989, Ditemukanl virus komputer yang dikenal dengan virus polimorf. Virus tersebut dikenal dengan V2Px yang dengan sendirinya dapat mengubah diri menjadi varian baru. Yang sekitar tahun 1990, virus DIR II memiliki kemampuan baru dalam menginfeksi program dengan cara menyerang data-data FAT.

Dan akhirnya berkembang dan mulai bermunculanlah berbagai varian virus hingga saat ini.

 

Daftar Pustaka:

https://lazmu.wordpress.com/sejarah-dan-masa-depan-virus-komputer/

http://ilmupengetahuan.org/sejarah-perkembangan-virus-komputer/

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.