Perlukah Audit TI Pada Suatu Perusahaan/Instansi???

PERLUKAH AUDIT TI PADA SUATU PERUSAHAAN/INSTANSI???

 

Audit teknologi informasi dari bahasa Inggris ”Information technology audit” atau “information systems audit” merupakan bentuk pengawasan dan pengendalian dari infrastruktur teknologi informasi secara menyeluruh. secara umum Audit teknologi informasi  adalah proses pengumpulan dan evaluasi dari semua kegiatan sistem informasi dalam perusahaan itu untuk menentukan apakah aset sistem informasi perusahaan itu telah bekerja secara efektif, dan integratif dalam mencapai target organisasinya.

Semakin berkembangnya teknologi informasi akan semakin banyak ancaman-ancaman yang akan terjadi dari dalam maupun luar perusahaan. Misalnya pada pemrosesan komputer.  Akan sangat mengkhawatirkan bila terjadi kesalahan dalam pemrosesan di dalam komputer. Kerugian mulai dari tidak dipercayainya perhitungan matematis sampai kepada ketergantungan kehidupan manusia. Ancaman-ancaman tersebut tentunya ada penyebabnya beberapa diantaranya yaitu karena adanya tekanan dari dalam ataupun luar perusahaan, peluang dan rasionalisasi.

Untuk mencegah ancaman-ancaman tersebut perusahaan membuat pengendalian-pengendalian internal dan untuk memeriksa pengendalian tersebut telah mencapai tujuan atau belum, maka diperlukanlah audit teknologi informasi dalam suatu perusahaan atau instansi. Audit teknologi informasi dibutuhkan dalam suatu organisasi perusahaan untuk mengetahui apakah suatu pengendalian dalam sistem informasi di sebuah organisasi tersebut tujuannya sudah tercapai atau belum. Audit internal dalam melakukan audit teknologi informasi diperlukan prosedur pengendalian dan lalu di ujikan, untuk pencapaian tujuan pengendalian tersebut.  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Referensi:

PENTINGNYA AUDIT SISTEM INFORMASI BAGI PERUSAHAAN

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.