Kabupaten Nganjuk

KABUPATEN NGANJUK

Nganjuk adalah salah satu daerah di Jawa Timur yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Bojonegoro di utara, Kabupaten Madiun di barat, Kediri dan Ponorogo di Selatan, serta Kabupaten Jombang di timur. Karena wilayahnya yang terletak di dataran rendah dan pegunungan, membuat Kabupaten ini memiliki struktur tanah yang subur sehingga cocok sebagai lahan untuk bercocok tanam.

 

 

Nganjuk dikenal dengan sebutan Kota Angin, karena daerah ini diapit diantara dua gunung, yaitu Gunung Wilis dan pegunungan Kendeng yang membuat kota ini memiliki hembusan angin yang kuat. Selain dikenal sebagai Kota Angin, nganjuk juga dikenal dengan Kota Seribu Air terjun, karena jumlah air tejun yang sangat banyak di wilayah tersebut. Selain wisata-wisata alam, wilayah ini juga terdapat wisata sejarah dan kuliner tentunya.

 

Wisata-wisata alam yang dapat dikunjungi seperti :

Air terjun sedudo, air terjun singokromo, air terjun sumbermanik, air terjun, air terjun srigunting, watulawang, air merambat roro kuning, waduk perning, waduk oro oro ombo. Dan adapula berbagai wisata sejarah seperti :

Meseum anjuk ladang, candi ngetos, monumen dr soetomo, dan masih banyak lagi.

 

Berikut potret wisata dari daerah Nganjuk

Air Terjun Sedudo

 

Air Terjun Singokromo

 

Air Terjun Roro Kuning

 

Waduk Perning

 

 

Tak lupa pastinya dengan mencicipi berbagai kuliner yang ada di daerah nganjuk, seperti :

  1. Nasi becek

udah ada sejak tahun 1940, tidak ada yang tahu pasti siapa yang pertama kali merintis berjualan Nasi Becek itu. Sego Becek adalah hidangan yang mirip dengan kari/kare kambing. Namun Nasi Becek disajikan seperti soto babat yang didalamnya terdapat irisan kubis, kecambah dan potongan daging atau babat. Selain itu ditambahkan juga sate kambing sebagai menu pelengkapnya. Perpaduan rasa kuah dan sate inilah yang menjadi keistimewaan dari makanan Nasi Becek.

2. Dumbleg

Makanan yang memiliki rasa manis dan legit ini terbuat dari tepung beras, gula jawa serta santan. Makanan berbentuk lontong berwarna coklat (manis) ada juga yang putih (gurih) ini memiliki keunikan dari sisi bungkusnya yaitu dibungkus dengan pelepah jambe (pinang) kemudian dijahit disisi samping serta bagian bawahnya. Ini menjadikan rasa Dumbleg semakin enak dan gurih

3. Sego banting

Sego banting (nasi banting) hampir sama dengan nasi kucing perbedaannya pada porsinya. sego banting memiliki porsi lebih banyak daripada sego kucing. sehingga dari segi tampilan sego banting memiliki ukuran yang lebih gemuk daripada sego kucing,  dan sego banting lebih lengkap karena didalamnya juga terdapat lauk oseng tempe dan mie goreng.

Dan masih banyak lagi kuliner khas Nganjuk yang patut di cicipi.

 

 

 

 

Daftar Pustaka

https://explorenganjuk.wordpress.com/2016/12/02/nasi-becek-khas-nganjuk/

Quikskoop™: Nasi Becek & Sate Kambing Khas Nganjuk

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.