Sejarah Internet

Sejarah internet

 

Internet saat ini bukan menjadi hal yang asing bagi hampir seluruh masyarakat indonesia, bahkan pada era saat ini internet dapat menjadi salah satu kebutuhan. Lalu bagaimanakah sejarah internet? Mari kita simak penjelasannya :

 

Awalnya pada tahun 1969, Departemen Pertahanan Amerika Serikat membangun suatu proyek untuk menangani kasus militer mereka yaitu APRANET. Saat itu, APRANET hanya menghu

bungkan pada 4 jalur yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, dan juga University of Utah, Namun setalah diperkenalkannya APRANET pada oktober 1

972 banyak bahkan semua universitas di Amerika yang ingin bergabung, hingga mereka membuat kebijakan dengan membagi APRANET menjadi 2 yaitu ARPANET baru yang berukuran lebih kecil (untuk kepentingan non-militer). Dan MILNET yang digunakan untuk kepentingan militer. Gabungan keduanya disebut DARPA Internet.

 

Tahun 1971dibuatlah suatu program yang samangat mudah untuk diakses untuk APRANET yaitu E-MAIL dengan lambang baru pada saat itu, yaitu @ yang berarti pada

 

Agar teknologi dan standar pada jaringan komput

er lebih meningkat, Pada tahun 1972 dibentuklah sebuah kelompok kerja INWG(International Network Working Group). Pembicara pertama dari INWG adalah Vint Cerf yang kemudian dikenal sebagai ‘Bapak Internet’. Vint Cerf kemudian mengajak Bob Kahn mempublikasikan spesifikasi detail protokol Transmission Control Protocol (TCP) pada tahun 1974 melalui sebuah artikel yang berjudul “A Protovol for Packet Network Interconnection”

Vint Cerf (Bapak Internet)

 

Tahun 1979 Tom Truscott, Jim Ellis, dan Steve Bellovin membuat

grup diskusi bernama Usenet. Dan pada tahun ini juga diusulkan penggunaan emoticon oleh Kevin McKenzie.

 

Menginjak tahun 1980an, komputer pribadi (PC) mulai banyak digunakan. Layanan BITNET (Because It’s Time Network) pun dimulai dengan menyediakan layanan e-mail, mailing list, dan File Transfer Protocol. Selain itu, CSNET (Computer Science Network) juga dibentuk dengan menyediakan layanan e-mail dan lainnya kepada para ilmuwan tanpa harus mengakses ARPANET.

 

Pada tahun 1982 TPC/IP digunakan sebagai protokol universal jaringan internet yang pada saat itu diperkenalkannya istilah “INTERNET” . Name server juga mulai dikembangkan sehingga para pengguna dapat terhubung kepada sebuah host tanpa harus mengetahui jalur pasti menuju host tersebut. diperkenalkanlah sistem nama domain (DNS) yang digunakan untuk menyeragamkan sistem pemberian nama alamat di jaringan komputer pada tahun 1986.

 

Tahun 1990 muncul suatu program editor dan browser WWW (World Wide Web) yang ditemukan oleh Tim Berners Lee untuk menjelajahi jaringan komputer yang terhubung. Semakin banyaknya jaringan yang terhubung menyebabkan munculnya istilah surfing the internet pada tahun 1992.

 

Dengan begitu cepatnya perkembangan hingga pada 1990an Indonesia sudah mulai mengenal internet yang lebih dikenal sebagai paguyuban network. Pada awalnya internet yang mayoritas digunakan untuk  berkominkasi, sekarang sudah digunakan untuk berbagai fungsi, seperti pendidikan, bisnis, dan lain lain.

 

 

 

 

 

 

 

Daftar pustaka :

https://www.kompasiana.com/sabil_28/59cbe292d0e3ed36662a0362/sejarah-internet-di-dunia-dan-indonesia

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.