Cara Kerja Browser hingga Menampilkan Webpage yang direquest User

Cara Kerja Browser

Web Browser pastinya sudah sering sekali kita dengar terutama orang-orang yang mendalami ilmu IT. Secara umum web browser adalah suatu perangkat lunak atau software yang digunakan untuk mencari informasi atau mengakses situs-situs yang ada di internet. Perangkat ini akan lebih memudahkan pengguna dalam mengakses data atau mencari referensi yang dibutuhkan. Ada berbagai macam perangkat web browser yang kini digunakan seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, Safari, Internet Explorer dan lain sebagainya.

Meskipun pengetian dan macam macam web browser telah banyak dikenal, tak semua orang tau dan mengerti tentang cara kerja Web Browser hingga menampilkan Webpage yang telah di request oleh user. Oleh karena itu mari kita simak penjalasan menganai cara kerja browser berikut ini.

Secara kronologis urutan prosesnya:

  1. User membuka alamat website pada browser
  2. Browser mengirim HTTP Request ke server
  3. Server merespon HTTP Request dari browser
  4. Server mengirim HTTP Response ke browser
  5. Browser menampilkan halaman website kepada user

 

Prosesnya adalah permintaan dari user yang disebut Http request (alat transfer dokumen atau halaman dari WWW (World Wide Web)dikirimkan ke web server. HTTP sendiri digunakan untuk mengatur aksi apa saja yang harus dilakukan oleh web server dan web browser sebagai respon atas perintah-perintah yang ada pada protokol HTTP ini.

Agar lebih mudah dipahami, perhatikan contoh berikut ini:

Gambar kotak dialog mozzila firefox

Pada saat kotak address mozzila diketikkan alamat url www.google.com dan kemudian dienter atau diklik go maka mozzila mengirimkan http request kepada web server yang mempunyai nama www.google.com, kemudian komputer server akan menerima request dari mozzila. Dan setelah menerima request maka server akan mengirimkan response berupa halaman web  yang pada saat browser menampilkan gambar keterangan atau informasi. Informasi yang ditampilkan oleh browser tersebut berupa file html (Hypertext Markup Language). Html ialah protocol yang digunakan untuk mentransfer data atau dokumen dari web server ke dalam browser.

Proses perjalanan data

Informasi kemudian dikirimkan kembali menuju browser client. Yang ditampilkan sebagai contoh adalah berikut ini :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Referensi Contoh :

http://andylucq.blogspot.com/2011/09/prinsip-kerja-web-browser.html

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.