Sejarah dan Perkembangan Komputer

SEJARAH DAN PERKEMBANGAN KOMPUTER

Komputer adalah suatu alat elektronik yang terbentuk dari beberapa komponen yang bekerja sama satu dengan lainnya untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada untuk membantu pekerjaan manusia. Kata komputer sendiri berasal bahasa latin “Computare”  yang berarti alat hitung, dan dalam bahasa inggris “Compute” berarti menghitung, karena pada awalnya komputer lebih digunakan untuk mempermudah dalam perhitungan aritmatika. Namun, seiring perkembangan zaman dan kepandaian manusia, alat ini terus dikembangkan baik fungsi maupun kenyamanan saat digunakan, sehingga komputer menjadi semakin canggih dan multifungsi.

Perkembangan komputer dibagi menjadi lima generasi :

Komputer Generasi Pertama (1946 – 1959) “Tabung Vakum”

Pada tahun 1946 komputer generasi pertama berhasil dibuat. dengan bahasa pemrogramannya masih menggunakan mesin, yang mana merupakan bahasa pemrograman yang paling dasar yang hanya dapat dipahami oleh komputer.

Komputer generasi ini memiliki kemampuan yang terbatas untuk memecahkan suatu masalah dalam satu waktu. Untuk melakukan input digunakan kartu berlubang (punched cards) dan pita kertas. Output yang dihasilkan adalah sebuah print-out. Meski dengan fungsi yang sangat terbatas, namun biaya pembuatan komputer generasi ini terbilang sangat besar, yaitu sekitar satu juta dollar.

Salah satu contoh komputer generasi pertama ini adalah ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer ) yang dibuat oleh Mauchly dan Echert. Alat ini menggunakan 18.000 tabung vakum dengan ukuran 1.800 kaki persegi , yang total beratnya hingga mencapai 30 ton

Namun, komputer ini dirasa kurang efisien karena dengan tabung vakum sebagai komponen dasarnya, karena tabung vakum sendiri membutuhkan daya listrik yang besar untuk dapat bekerja, serta bentuknya yang sangat besar dan berat,  selain itu karena panas berlebihan yang dihasilkan

Komputer  Generasi Kedua (1959 – 1965) “Transistor”

Pada tahun 1948, dengan adanya penemuan transistor perkembangan komputer menjadi sangat tampak. Bahkan, transistor digunakan untuk menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer.

Bahasa pemrograman generasi pertama yang dulunya masih menggunakan bahasa mesin kini sudah mengalami peningkatan dengan digunakannya bahasa assembly (bahasa simbolik), sehingga para programmer kini memberikan instruksi dengan kata-kata. Disaat yang sama bahasa pemrograman tingkat tinggi juga sedang dikembangkan seperti CBOL (Common Business-Oriented Language ) dan FORTRAN (Formula Translator ). Perubahan bahasa pemrograman ini meberikan manfaat komputasi yang lebih cepat dan lebih akurat.

Tak hanya kemajuan dibahasa pemrograman , komputer pada generasi kedua ini berukuran yang lebih kecil, sehingga menjadi lebih efisien. Selain itu komputer menjadi lebih cepat dan lebih murah dibandingkan dengan komputer generasi pertama. Panas yang dihasilkanpun tak begitu tinggi, tingkat kegagalannya juga cenderung lebih kecil bila dibandingkan dengan komputer yang dibuat dengan tabung vakum.

Komputer Generasi Ketiga (1965 – 1971) “Sirkuit Terintegrasi”

transistor memiliki banyak hal yang mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang masih tergolong cukup besar meskipun sudah lebih dingin dari tabung vakum. Panas pada generasi 2 masih dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer.

Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) pada tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip.

Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.

Komputer Generasi Keempat (1971 – Sekarang) “Microprosesor”

Saat ini kita berada pada generasi keempat. Generasi ini menggunakan microprosesor sebagai konsep utamanya. Ribuan microposesor dijadikan satu didalam suatu chip, dan ditambah dengan berbagai elemensirkuit lainnya yang dihubungkan menjadi datu kesatuan

Perkembangan yang terjadi pada generasi ini merupakan pengaruh dari intel. Salah satu perusahaan pembuat chip yang telah menciptakan Intel 4004 Chip yang menjadi langkah awal dari perkembangan teknologi komputer.

Komputer pertama buatan IBM diciptakan yang didesain khusus untuk penggunaan rumahan pada tahun 1971. Pada tahun 1984 Apple pertama kali memperkanalkan Machintos,. Terus berkembangnya komputer pada masa ini akhirnya menimbulkan ide untuk menciptakan sebuah jaringan komputer, hingga lahirlah internet dan perkembangannya. Selain itu perkembangan yang nampak seperti GUI (Graphical User Interface), mouse hingga komputer jinjing yang biasa disebut laptop pun telah dihadirkan.

Komputer Generasi Kelima (Sekarang –Masa Depan) “Kecerdasan Buatan”

Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001: Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri.

Walaupun mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan, banyak fungsi-fungsi yang dimilikinya sudah terwujud. Beberapa komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia. Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin. Fasilitas ini tampak sederhana. Namun fasilitas tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang diduga ketika programmer menyadari bahwa pengertian manusia sangat bergantung pada konteks dan pengertian ketimbang sekadar menterjemahkan kata-kata secara langsung.

Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi yang semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.

Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia.

 

 

 

 

 

 

Daftar Pustaka:

https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_komputer

Sejarah Komputer dan Perkembangan Komputer (Pembahasan Lengkap)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.