Yuk Mengenal Netiquette

PENGERTIAN NETTIQUETTE

Netiquette adalah etika-etika dalam penggunaan Internet, sama dengan etika yang ada dalam kehidupan sosial kita sehari-hari yaitu berfungsi sebagai tata krama atau sopan santun yang harus diperhatikan dalam hubungan sosial agar hubungan yang dibangun selalu baik. Kebanyakan Netiquette yang digunakan mengacu kepada standar yang di tetapkan oleh IETF( the Internet Engineering Task Force ) yang terdiri dari kumpulan perancang jaringan, operator, penjual, dan peneliti yang berfokus kepada pengembangan internet ini.

 

Beberapa aturan-aturan yang masuk kedalam netiquette antara lain:

  • Kita Semua adalah manusia, bahkan saat dalam internet sekalipun
    • Pengguna Internet di seluruh dunia adalah manusia, ini adalah hal dasar yang semua orang ketahui tetapi seringkali tidak diperdulikan. Sebagai pengguna internet kita harus selalu ingat bahwa orang yang membaca e-mail atau postingan juga adalah sesama manusia yang memiliki perasaan yang bisa saja terluka. Beberapa hal yang sering dilakukan oleh pengguna Internet yang melanggar aturan ini:
      • Spamming / Junking (Mengirimkan sesuatu yang tidak layak pada tempatnya)
      • Flamming ( Mengirimkan Postingan atau Email yang memanas-manasi orang lain (Provokatif) )
      • Trolling ( Mengirimkan Postingan atau Email yang keluar dari topik pembicaraan )
      • Memberikan informasi yang tidak dapat dipertanggung jawabkan (Hoax)
  • Ikuti aturan yang ada dalam kehidupan sehari-hari pada saat online
    • Hubungan sosial dengan menggunakan internet tidak lah berbeda dengan hubungan sosial yang dilakukan secara langsung, jadi dalam menggunakan internet peraturan-peraturan sehari hari yang ada tetaplah berlaku. Perlu diingat juga bahwa pengguna internet merupakan masyarakat internasional lintas negara dan benua sehingga memiliki budaya dan aturan-aturan yang belum tentu sama sehingga sebagai pengguna kita dituntut untuk memiliki pemikiran yang terbuka akan adanya perbedaan.
  • Ketahuilah dimana anda berada
    • Internet sangatlah masif, Netiquette yang adapun sangatlah bervariasi di berbagai tempat sehingga pengguna dituntut untuk bisa bersifat terbuka dan bersifat kritis yang membangun (konstruktif). Dalam memberikan pendapat atau postingan terhadap suatu topik, tunggulah terlebih dahulu sambil mengamati hingga merasa yakin untuk menambahkan informasi (yang tentunya juga dapat di pertanggungjawabkan)
  • Hormatilah orang lain ketika online
    • Ini merupakan inti dari semua aturan-aturan yang ada di netiquette. Pengguna diharapkan saling menghormati satu sama lain dalam menggunakan internet untuk berbagai tujuan. Hal ini sangatlah penting karena dengan saling menghormati dan melaksanakan netiquette yang ada, hubungan sosial melalui internet akan berjalan semakin baik dan efektif untuk mempersatukan banyak orang tanpa adanya batasa ruang dan waktu.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

http://etikaprofesi-tik32.blogspot.co.id/2013/05/netiket-atau-nettiquette.html

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.