Cara Pencarian yang efektif

 

Sebelum kita mengetahui tips dan trik apa saja yang dapat digunakan untuk mencari informasi secara cepat di google kita harus mengetahui terlebih dahulu apa saja fitur fitur dalam pencarian

 

Fitur Pencarian Dasar

  1. AND: Mencari informasi yang mengandung kedua kata yang dicari. Bisa menggunakan salah satu dari tiga alternatif berikut:
    ukiran jepara
    ukiran AND jepara
    ukiran+jepara
  2. OR: Mencari informasi yang mengandung salah satu dari kedua kata. Bisa menggunakan salah satu dari dua alternatif berikut:
    tahu OR tempe
    tahu | tempe
  3. FRASE: Mencari informasi yang mengandung frase yang dicari dengan menggunakan tanda “”. Contoh:
    “perangkat lunak”
  4. NOT: Hasil pencarian mengandung kata yang di depan, tapi tidak yang dibelakang minus (-). Contoh di bawah akan mencari informasi yang mengandung kata ikan tapi bukan bandeng.
    ikan -bandeng
  5. SINONIM (~): Mencari kata beserta sinonim-sinonimnya. Contoh di bawah akan membawa hasil pencarian: kendaraan (car) dan sinonim-sinonimnya.
    ~car
  6. ASTERIK (*): Karakter pengganti kata. Dari contoh di bawah, hasil yang didapat bisa: ayam bakar pedas, ayam goreng pedas, ayam masak pedas,dsb
    ayam * pedas
  7. TANDA TITIK (.): Karakter pengganti huruf, angka dan karakter tunggal. Dari contoh di bawah, hasil yang didapat bisa: kopi, koki, kodi, dsb
    ko.i
  8. CASE INSENSITIVE: Pencarian di Google menganggap kapital dan bukan kapital sebagai sesuatu yang sama. Jadi, romi satria wahonoRomi Satria Wahono, atau RoMi SaTrIA waHoNo akan membawa hasil pencarian yang sama
  9. PENGABAIAN KATA: Google mengabaikan keyword berupa karakter tunggal dan kata-kata berikut: a, about, an, and, are, as, at, b, by, from, how, i , in, is, it, of, on, or, that, the, this, to, we, what, when, where, which, with. Apabila kita masih tetap menginginkan pencarian kata tersebut, bisa dengan menggunakan karakter + di depan kata yang dicari (contoh: Star Wars Episode +I), atau bisa juga dengan menganggapnya sebagai frase (contoh: “Star Wars Episode I”)
  10. I’M FEELING LUCKY: Akan membawa kita langsung menuju ke hasil pencarian pertama dari query kita

FITUR PENCARIAN LANJUT

  1. DEFINE: Mencari definisi dari sebuah terminologi. Dari contoh di bawah, hasil yang didapat adalah berbagai definisi tentang e-learning dari berbagai sumber
    define:e-learning
  2. CACHE: Menampilkan situs web yang telah diindeks oleh Google meskipun sudah tidak aktif lagi. Contoh di bawah akan menghasilkan pencarian kata php pada situs ilmukomputer.com yang ada di indeks Google.
    cache:ilmukomputer.com php
  3. LINK: Menampilkan daftar link yang mengarah ke sebuah situs. Contoh di bawah akan menampilkan daftar link yang mengarah ke situs ilmukomputer.com
    link:ilmukomputer.com
  4. RELATED: Menampilkan daftar situs yang serupa, mirip atau memiliki hubungan dengan suatu situs
    related:romisatriawahono.net
  5. INFO: Menampilkan informasi yang Google ketahui tentang sebuah situs
    info:romisatriawahono.net
  6. SITE: Menampilkan pencarian khusus di suatu situs yang ditunjuk
    java site:ilmukomputer.com
  7. FILETYPE: Menampilkan hasil pencarian berupa suatu jenis (ekstensi) file tertentu. Jenis file yang bisa dicari adalah: doc, xls, rtf, swf, ps, lwp, wri, ppt, pdf, mdb, txt, dsb. Contoh di bawah akan menampilkan hasil pencarian berupa file PDF yang mengandung keyword software engineering
    software engineering filetype:pdf
  8. ALLINTITLE: Menampilkan seluruh kata yang dicari dalam TITLE halaman. Contoh di bawah akan menghasilkan halaman yang memiliki title java programming. allintitle ini tidak dapat digabungkan dengan operator (sintaks) lain. Gunakan intitle untuk keperluan itu.
    allintitle:java programming
  9. INTITLE: Menampilkan satu kata yang dicari dalam TITLE halaman. Contoh di bawah akan menghasilkan halaman yang memiliki title java dan isi halaman yang mengandung kata enterprise
    intitle:java enterprise
  10. ALLINURL: Menampilkan seluruh kata yang dicari di dalam URL. Contoh di bawah akan menghasilkan daftar URL yang mengandung kata java dan programming. allinurl ini tidak dapat digabungkan dengan operator (sintaks) lain. Gunakan inurl untuk keperluan itu.
    allinurl:java programming
  11. INURL:  Menampilkan satu kata yang dicari di dalam URL. Contoh di bawah akan menghasilkan daftar URL yang mengandung kata java dan isi halaman yang mengandung kata enterprise
    inurl:java enterprise

 

Nah, untuk TIPS DAN TRIKnya:

  1. Pakai kutipan dalam kata yang dicari Menggunakan kutipan di antara kata-kata yang dicari dapat memberikan hasil pencarian yang lebih terarah dan spesifik. Kalau kamu menggunakan kutipan dalam kata yang kamu cari, maka hasil pencarian yang keluar adalah kata yang sama persis dan dalam urutan yang sama, tidak terpisah-pisah. Misalnya, kamu ingin mencari informasi tentang band Efek Rumah Kaca, kamu bisa menyertai kutipan seperti ini “Band Efek Rumah Kaca” untuk mendapatkan hasil pencarian yang lebih spesifik terhadap band.
  2. Mengecualikan kata pakai tanda minus (-) Saat melakukan pencarian, kamu juga bisa memasukkan kata atau frase yang tidak diinginkan untuk muncul di hasil pencarian. Untuk melakukan ini, tinggal tambahkan simbol minus (-) sebelum kata yang dikecualikan tersebut. Misalnya, kamu ingin mencari hewan jaguar dan untuk menghindari hasil pencarian malah tertuju ke mobil merek Jaguar, maka kamu bisa mengetik seperti ini “jaguar -car”
  3. Tanda bintang dalam kutipan untuk kata-kata yang bervariasi Nah untuk cara ini dapat digunakan untuk menghasilkan pencarian yang lebih beragam dari berbagai makna kata yang diketikkan dalam kotak pencari. Cara ini sangat berguna untuk mencari sebuah lagu hanya berdasarkan liriknya yang sepotong-potong. Untuk melakukannya, masukkan tanda bintang (*) ke dalam kutipan yang berisi frase yang ingin dicari. Misalnya seperti ini, “Imagine all the * living for today”, atau mencari semua bentuk ungkapan yang kurang lengkap, seperti “* rusak susu sebelanga”.
  4. Tanda “@” untuk media sosial Media sosial saat ini sulit dilepaskan dari kehidupan masyarakat di dunia maya. Banyak masyarakat yang mencari akun media sosial temannya atau tokoh-tokoh terkenal. Mudahnya, sertakan tanda @ di awal kata pencarian media sosial yang diinginkan. Penulisannya contohnya seperti ini, “@Barack Obama”. Maka, hasil pencarian yang keluar paling atas adalah akun media sosial milik Obama.
  5. Pakai “OR” untuk kombinasi pencarian “OR” dalam bahasa Indonesia berarti “atau”, dan kata ini bisa digunakan untuk mengombinasikan pencarian yang diinginkan dari dua kata. Caranya adalah memasukkan kata “OR” dalam huruf kapital di tengah-tengah kata yang dicari, contohnya “Alien OR Predator”. Hasil pencarian kemudian akan mengeluarkan penjelasan masing-masing dari Alien dan Predator, bukan dalam satu pencarian yang sama.
  6. Cari situs spesifik dengan menambah kata kunci, “site:” Ingin mencari sesuatu di dalam sebuah situs? Pencarian ini bisa berupa tulisan atau pencarian gambar. Caranya, kamu tinggal memasukkan kata kunci yang dicari, kemudian tambahkan “site:” setelahnya. Untuk jelasnya begini contoh pencariannya. Misalnya kamu ingin mencari konten PlayStation 4 di dalam situs kumparan (kumparan.com), kamu bisa ketikkan ini di dalam kolom pencarian, “PlayStation 4 site:kumparan.com”.
  7. Cari situs yang berkaitan pakai “related:” Cara berikut ini bisa digunakan untuk mencari referensi yang lebih banyak atau situs-situs yang memiliki keterkaitan satu sama lain, bisa bergerak di bidang yang sama atau industri yang sama. Untuk melakukan ini, cukup menambahkan “related:” di depan kata kunci yang dicari tanpa pakai spasi. Contohnya kamu ingin mencari situs-situs yang berkaitan dengan media kumparan, kamu bisa mengetikkan “related:kumparan.com”.

 

 

 

 

 

Daftar Pustaka:

https://kumparan.com/@kumparantech/7-cara-agar-pencarian-di-google-lebih-efektif

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.